Skip to main content

PENGALAMAN STAY DI RED DISTRICT SINGAPUR //



Pasti pada penasaran yah sama ceritanya... ada yang udah pernah nginep di tempat pelacuran belum? kalau gw udah dong! (bangga haha) ini bener bener tempat esek esek yah bukan hostel yang ada di Red District Singapur (Geylang sector 8), dari namanya jalannya aja udah gak enak banget kan di denger. Tapi ini pengalaman pertama gw saat traveling ke luar negeri bareng temen, dengan belum ada pengalaman sama sekali soal traveling alias modal nekat aja sih. Iya ini pengalaman gw traveling pertama kali saat kelas 3 SMA (2010), belum ada AIRBnB, AGODA, apalagi TRAVELOKA... dan waktu itu gw juga belum ngerti booking online cing jadi modal nekat aja langsung kesana. Sekarang sih apa apa udah gampang lah mau booking udah bisa online semua, dan banyak berbagai macam promo kan dimana mana. Jadi gak ada lagi alasan lu gak bisa jalan jalan.
"tapi kan jalan jalan itu mahal, tiket pesawatnya, nginep nya, makan nya, gimana dong?"
Simple sih gw jaman SMA udah bisa traveling sendiri tanpa pake uang orang tua, asal niat sih  pasti bisa nabung, dan sekarang juga apa apa udah banyak promo kan mulai dari tiket pesawat, sampe hostel nya pun banyak yang murah kan, banyak cara ko supaya bisa liburan.

Oke segini aja yah ceritanya... 
"Loh mana bagian nginep di Red District nya? ah apaan sih nih blog gak jelas!"
Pada nungguin yahh... 


            Bugis Street //

Yaudah deh gw mulai ceritanya aja yah biar gak penasaran... ini perjalanan pertama gw untuk bisa keluar negeri tanpa orang tua, saat itu masih buta internet, HP belum secanggih sekarang, dan bareng teman ber4 (2cowo dan 2 cewe), agak sedikit nekat sih sebenernya tapi dari situ gw dapat pengalaman yang cukup berkesan selama perjalanan. Oke karena keterbatasan budget kami saat traveling yah maklum yah belum bisa menghasilkan uang, jadi gw saat itu hanya mampu pergi ke negara tetangga terdekat Malaysia dan Singapur yang mungkin bisa kami jangkau. Tujuan utama kami saat itu ke Malaysia dulu selama 4 hari keliling kota KL sampe bosen, foto di menara twin tower, ke China Town, nyasar nyasar, pokoknya norak banget deh maklum baru pertama kali keluar negeri jadi excited dan norak gak beda jauh. Selama kami traveling ke 2 negara tersebut kami selalu mencari penginapan on the spot, gak pernah booking dari internet karena belum ngerti booking via internet HP aja masih BlackBerry cing, jadi selalu dapet harga hostel yang rada mahal. Untungnya saat gw di Malaysia gw sering ketemu orang baik disana, mulai dari kasih tau daerah penginapan yang murah, nunjukin jalan, sampai ada orang lokal yang ngajak kami makan bareng gratis cing!

Selama di Malaysia semua berjalan dengan lancar dan sesuai rencana, mengunjungi ke tempat tempat yang sudah di list, dan hostel juga dapet murah jadi gak ada masalah sama sekali saat di Malaysia semua aman! Di hari ke 5 kami langsung menuju ke Singapur dengan Bermodalkan pengetahuan seadanya tentang rute Malaysia ke Singapur melalui jalur darat menggunakan Google, dan nanya orang setempat. Perjalan kami memakan waktu 5 jam menggunakan Bus untuk bisa sampai ke Singapur, menikmati pemandangan selama di perjalanan dari mulai hutan, gunung, rumah desa, sampai laut selama 5 jam perjalanan. Bus akan melakukan pemberhentian saat di rest Area sekali selama di perjalanan entah untuk makan siang, berIbadah, atau sekedar ke WC, gw inget banget disini semua makanan halal, enak, dan murah murah cing parah sih banyak nambah gw disini. 

Oke kayanya cerita di atas cuman intro nya doang yah belum sampai kecerita utama seperti judul di atas haha..

"Yah sia sia dong baca cerita di atas!"
"6 menit gw terbuang sia sia"

Haha tenang tenang cuy kan gw suka berbagi pengalaman selama gw jalan jalan, gak sia sia juga ko (kan fungsinya blog itu berbagi cerita ke banyak orang) baca cerita di atas at least lu tau betapa struggle nya traveling pertama kali gw jaman dulu. Gw lanjut nih yah sekarang...

King George Avenue //

Jam 7 malam, tiba lah kami di Singapur dengan badan lumayan pegel karena duduk selama 5 jam terus terusan di Bus, sekarang malah berasa nikmatnya udah bisa berdiri lagi. Malam sudah menjelang, si 2 wanita ini sudah kelelahan ingin cepat cari penginapan untuk istirahat sebentar sebelum terlalu malam, karena di atas jam 11 malam transportasi disini sudah berhenti beroperasi, jadi gw memutuskan untuk cari hostel di sekitar terminal dimana gw turun. Budget gw selama di Singapur tidak terlalu banyak jadi sebisa mungkin gw cari hostel yang murah, masalahnya selama gw jalan nyari hostel disekitar situ rata rata harganya gak ada yang sesuai sama budget. Akhirnya gw coba tanya sama orang setempat daerah penginapan murah di Singapur, akhirnya gw dapat beberapa nama jalan yaitu Bugis street, Little India, dan tersebut lah Geylang. Salahnya gw langsung mampir ke Geylang duluan, karena daerah yang terdekat dari area kami saat itu yaa cuman Geylang sisanya masih jauh masih harus naik mrt dulu.

Sampai akhirnya kami tiba di Geylang sekitar jam 10 malam, suasana masih ramai saat itu dan karena sudah sampai juga di Geylang jadi kami sempatkan dulu untuk makan malam di area pelabuhan (karena geylang ini sudah di area pinggir Singapur), banyak makanan murah dan halal disini jadi mapir dulu isi tenaga baru lanjut cari penginapan. Setelah kelar makan malam lanjut lah kami cek hostel yang ada di sekitar Geylang, ternyata apes nya gw lupa kalau hari itu adalah WEEKEND!! dimana semua hostel harganya mahal, walau itu didaerah murah sekalipun kalau weekend harga tetap mahal SHIT! harganya enggak ada yang nyantai sama sekali cing, harga 1 hari nginep di Singapur (itu harga hostel yang biasa) mungkin sama aja gw bisa sewa 3 hari hostel di KL. Sebenernya kalau kami laki laki semua sih mau tidur dimana juga santai, soalnya ini gw pergi bareng 2 wanita jadi gak mungkin kalau gw ajak tidur di masjid atau lebih parahnya lagi di stasiun, mau gak mau kami harus cari penginapan lagi yang cocok sama keuangan kita saat itu.

Dalam kondisi kaya gini gw rasanya kangen negara gw sendiri Indonesia, kangen rumah, dan bisa tidur dikamar adalah hal yang paling nikmat rasanya! parah cing... Karena waktu yang tidak memungkinkan gw cari penginapan di daerah lain seperti Bugis atau Little India karena saat itu sudah jam 11 malam sudah tidak ada transportasi umum yang beroprasi, yang ada hanya taxi, sayang  nya transportasi online belum ada waktu itu jadi kami kemana mana hanya jalan kaki untuk mencari penginapan. Sampai akhirnya gw hampir putus asa nyari kemana mana semua harganya pukul rata alias mahal, bingung juga nyari kemana lagi ditambah kaki udah pegel juga jalan keliling Geylang district tapi hasilnya nihil. Yang gw lihat di sepanjang jalan Geylang dari mulai Geylang 5 - 9 itu ya kalau gak isinya rumah, hostel, hotel, apartement, dan sampai cewe cewe majang dirinya dipinggir jalan juga ada disitu... semuanya lengkap. 

Saat kami lagi jalan menuju tempat makan awal dekat pelabuhan, karena lelahnya jalan kaki jadi laper lagi ingin makan dan minum. Tiba tiba saat di jalan menuju kesana ada seseorang Bapak bapak yang nyamperin kami dari sebrang gw pikir hanya sekedar lewat atau nyebrang doang, eh taunya berhenti di depan kami yang kebetulan tempatnya rada gelap dan jauh dari tempat keramaian. Kami kaget tiba tiba orang itu ngehadang kami di tempat kaya gini, banyak fikiran negatif yang ada di otak gw saat itu salah satunya...

"Anjir gak bisa balik ke Indonesia nih gw!"
"Gw bawa 2 orang wanita lagi, jangan jangan mauu di....."
"Jangan jangan mau nawarin Narkoba lagi.. hmmm..."



Ternyata semua yang ada di fikiran di atas salah besar cing, yah maklum parno lagi di negara orang soalnya kalau masih di negara sendiri sih udah lain cerita lagi. Dia berniat baik untuk menawarkan kami penginapan murah di sekitar Geylang, karena dia lihat kami bolak balik masuk penginapan bawa tas lalu keluar lagi, dan kebetulan dia asli orang Melayu Malaysia jadi obrolan kami bisa leluasa. Setelah gw pikir pikir perasaan gw udah keliling Geylang deh dan gak ada hostel murah sama sekali semuanya mahal, apa ada hostel yang kami belum datengin?
Setelah gw curhat banyak dengan beliau tentang betapa apes nya hari ini, dia cuman bisa senyum dan kasih masukan dengan bahasa melayunya yang khas. Inti perbincangan yang masih gw inget saat itu kurang lebih seperti ini...

"lain kali kalau mau liburan datengnya saat weekdays dik, kalau weekend gini harga lagi tinggi tingginya dik"
"Wah iya nih pak kami enggak tau, kalau ternyata harganya bisa mahal gini maklum baru pertama kali kami keluar negeri"
"Iya tidak masalah ko, kalau kalian mau  kalian bisa menginap di penginapan teman saya tidak jauh dari sini"
"Wah! serius pak... masalah harga berapa pak semalam kira kira?"
"Yang pasti jauh lebih murah dari hostel yang kalian cari tadi, nanti coba kamu langsung tanya kepemiliknya saja"
"Oke pak, boleh kami langsung kesana pak?"
"Bisa hayuk saya antar kalian ke lokasinya"

Tapi dalam hati gw masih ragu sih sama doi, karena di tempat kaya gini masa iya tiba tiba ada orang yang mau nawarin penginapan murah ke orang asing kaya kami. Tempatnya kaya apa kira kira yah? kok bisa jauh lebih murah di banding tempat tempat lain yang udah gw datengin sebelumnya. Dalam situasi yang kaya gini yah mau gimana lagi dengan kondisi badan juga udah lelah banget ingin cepet cepet istirahat. Lokasi nya tidak jauh dari tempat kami bertemu dengan si Bapak tersebut. Jeng jeng jeng jeng.... tiba tiba ada backsound musik menegangkan...

"apa sih gak jelas lu!" 
"udah gih lanjut cerita lagi sana"

Object Wisata wajib di Singapur //


Oke ada yang mau mencela lagi? silahkan para pembaca ku yang terhormat haha. Apa yang gw bayangkan selama ini benar ada harga yah pasti ada rupa, kalau harga murah jangan mengharapkan penginapannya bagus dan nyaman, dari luar aja suasanannya udah remang remang gelap pantes gw gak nemu penginapannya ternyata ini bukan hostel melainkan kost kostan yang bisa di sewa harian! faham kan tempat apa. Saat gw nunggu di teras kost kostan sambil si bapak tadi masuk kedalam manggil si owner kostan, si Ayu melihat sesuatu yang gak seharusnya dia lihat yaitu ada sepasang entah masih muda atau tua (karena kondisi disitu sangat gelap) di garasi lagi pangku pangkuan dan tangan si cowo masuk meraba bagian *tiiiiitt, tanpa gw sebutin lu juga udah faham kan bagian apa haha. Sebenernya kalau untuk gw sama Ariq sudah gak asing melihat seperti itu (ya faham lah cowok pernah nonton film blue), tapi kalau temen gw yang 2 ini Ayu dan Dilla bener bener shock, kaget, dan bingung karena bagi mereka itu adalah hal yang jarang mereka lihat secara langsung sebelumnya.

Melihat kondisi yang kaya gini gw dan Ariq jadi gak enak sama Ayu dan Dilla karena harus mengalami liburan kaya gini, kami bertanggung jawab banget jaga mereka dari awal kami traveling hingga pulang ke Jakarta. Sebelum si owner keluar, gw ngebahas ini sama mereka...

"Gimana nih? kayanya kita harus pindah nih gak mungkin kan lu ber2 mau nginep selama 2 malam disini..."
"Yah kalau emang udah gak ada penginapan lagi yah gpp kok kita nginep disini, santai ko! ada kalian juga kan dan juga bisa nambah pengalaman baru juga tinggal di tempat kaya gini"
"Iya kita santai ko. lagi pula udah malem juga mau cari hostel kemana lagi jam segini, kaki gw juga udah gak sanggup jalan lagi"
"Gw juga oke to klo emang mau nginep disini. Yah tapi harus hati hati aja sama barang barang pribadi harus extra di jaga yah, takut kenapa kenapa"
"Yaudah semuanya oke yah berarti, kalau kepepet gini yah mau gimana lagi kan"
"Eh gimana kalau kita nginep sehari aja disini, gw rada was was kayanya.. besok paas jalan jalan sekalain nyari hostel lagi, gimana?"
"Boleh boleh... jadi semalam aja yah kita disini, besok kita cari penginapan baru"


Teman Teman kuh //


Setelah ngobrol panjang lebar akhirnya datang lah si sang owner, tante tante dengan menggunakan daster sexy sambil tersenyum kepada kami [jangan dibayangin yah kaya apa sosoknya haha]. Dia tau kalau kami pasti kaget melihat suasana kost nya seperti itu, ditambah gw kaget ternyata dia asli orang Indonesia yang sudah lama tinggal dan menikah di Singapur. Setelah ngobrol panjang intinya gw dapet harga sewa satu kamar semalam hanya IDR350k cing alias murah banget, tapi gw belum liat kamarnya kaya apa, ko bisa yah harganya murah banget sekamar hmmm. Dengan memasuki lorong sempit untuk bisa masuk ke kamar. Super pengap, bau (yah lu tau lah bau apa), tanpa AC hanya blower, kasur bangbed tua, ditambah ada high heels wanita disitu hmm gw inget banget suasana kamarnya enggak akan hilang di otak gw, itu lah kamar yang kami dapat "ada harga ada rupa". Fix sih besok gw harus pindah! setelah semuanya kelar beberes barang, karena tempat yang sumpek gw dan yang lain mutusin untuk jalan keluar karena rada gak betah dengan kondisi kaya gini. Saat gw mau keluar kamar, ternyata gw denger seorang pria di sebelah kamar lagi ngaji iya NGAJI! dengan suara yang merdu melantunkan bacaan Al-Quran rasanya adem banget disaat lagi gelisah kaya gini. Gw sempet mikir, "kenapa dia bisa tinggal disini?" singkat cerita ternyata dia sedang berkuliah di Singapur dan karena Negara tersebut adalah salah satu negara termahal di Dunia, jadi dia memutuskan untuk tinggal di tempat itu karena harga yang murah.

Sebelumnya kita gak tau sama sekali kalau Geylang itu adalah Red District nya Singapur, sampai besok nya kita ketemu sama orang Indonesia dan mereka bilang kalau Geylang itu tempat terlarang nya Singapur.

Gw harus mengakui kalau Geylang jaman dulu tidak separah sekarang, kenapa? karena terakhir gw main ke daerah Geylang [main doang loh yah enggak ngapangapain kok, ceritanya mau kilas balik aja sama jaman dulu] itu lebih teratur dan sudah sedikit wanita pekerja malamnya dibanding jaman gw kesana pertama kali. Jaman dulu hampir disetiap lorong sudah pasti ada wanita malam mangkal, mungkin alasan mereka melakukan pekerjaan seperti itu karena biaya hidup yang mahal di Singapur, dan sulitnya mencari pekerjaan disana sehingga memaksa mereka untuk melakukan pekerjaan tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang kurang, itu menurut sudut pandang gw sih.

Jaman dimana belum ada smartphone secanggih sekarang, dan gw tau betapa struggle nya para traveller mencari penginapan, makanan, hingga tiket pesawat murah jaman dulu. Sekarang sih apa apa sudah mudah tinggal modal HP android murah juga udah bisa cari penginapan, sampai tiket pesawat murah. Hp gw aja jaman dulu enggak ada maps nya jadi yaudah modal map yang kertas besar itu aja gw manfaatin haha dapet dari Airport. Mulai dari pengalaman ini gw banyak belajar kalau mau pergi ke suatu tempat yang belum gw tau seperti apa medannya gimana harus lebih prepare segalanya deh biar gak apes dijalan, dan itinerarry itu sangat penting

Tapi gw enggak pernah menyesal dengan pengalaman ini sih, justru pengalaman kaya gitu pasti gw ceritain ketemen temen gw betapa strugle nya travelling pertama kali gw saat itu. Segini dulu kali yah cerita nya, niatnya mau pendek tapi lumayan panjang juga sih ini semoga aja ada yang baca [ngarep banget haha].

SALAM ORANG ORANG PEMBURU TIKET MURAH KELUAR NEGERI












Comments

Popular posts from this blog

PESONA KEINDAHAN PULAU BELITUNG _ HARI KE 3 //

HARI KE-3 Kami menyebutnya secret Beach Belitung // Senin, tidak banyak yang kami kunjungi di hari terakhir ini, tapi kami bisa sombong sedikit dengan bisa menikmati hari senin sambil bermain dengan alam bebas, tanpa harus terjebak di dalam ruangan kotak yang dibatasi dengan sekat. Sayangnya Uki enggak bisa menikmati hari terakhir di Belitung bersama kami, karena pagi harinya dia sudah harus pulang duluan ke Jakarta. 3 hari itu rasanya cepet banget berakhir kalau lagi liburan, berbeda kalau dikantor 1 hari aja pasti berasa lama banget, kenapa yah? ada yang tau gak kenapa? kalau ada yang tau tolong email ke gw secepatnya yah penasaran soalnya. Rasanya hari terakhir ini ingin dipuas puasin santai di Pantai sampai warna kulit berubah eksotis, padahal sebelum main ke Belitung kulit juga udah coklat eksotis sih. Mie Atep, mienya mantep wajib dicoba! // Gw enggak mau hari terakhir dihabiskan dengan santai di hotel, jadi jam 9 pagi kami langsung check out dan berlanjut ke kot

MENELUSURI RAMKHAMHAENG MUSLIM AREA THAILAND //

Memulai produktif lagi dengan mengisi Blog ini, padahal lagi lumayan banyak kerjaan juga tapi yaudahlah daripada pusing kerjaan melulu mending disisipin sambil nge-blog lagi, entah kesambet apa juga enggak tau... bawaannya ingin update cerita lagi share pengalaman ke para pembaca lainnya. Ini adalah kali ke2 saya mengunjungi Bangkok setelah yang pertama waktu awal lulus kuliah sekitar tahun 2014 lalu dan sekarang 2018, sudah sekitar 4 tahunan yah... dan Bangkok benar benar berubah banget sih dari segi tata kota, jalanan, hingga kulinernya, dan  banyak konstruksi dimana mana... mungkin juga karena Bangkok seperti Jakarta yang sedang di tahap berkembang. Kalau ngomongin tentang Bangkok yah enggak jauh jauh dari Cathuchak, Transgender, dan juga Street Food nya juara lah untuk jajanan nya disini enak enak dan murah. Tapi untuk saya pribadi mencari jajanan atau makanan halal disini lumayan susah, saya lebih memilih mencari makanan di area dekat Masjid atau mencari penjual yang