Skip to main content

TRAVELING TO JOGJA, BALI, SURABAYA //



Backpacker? apa sih yang terlintas dibenak kalian waktu mendengar kata Backpacker? mungkin sebagian ada yang berpikir "jalan-jalan tapi kere" atau "jalan-jalan tapi hemat", klo dalam pengertian gw Backpacker itu sendiri adalah gw bisa jalan-jalan tapi gak ribet, tentu hemat, dan gak perlu bawa banyak perlengkapan, lu boleh Backpacker tapi jangan ngeGembel harus tidur di Masjid atau di emperan, itu sih bukan liburan hemat tapi KERE ngapain jalan-jalan kalau harus nyusahin diri sendiri. Liburan itu harus senang-senang yaa kan..
Kali ini gw ke Bali gak sendiri tapi ditemani sama 2 temen gw Rido dan Reza dan super dadakan banget semuanya, gimana gak dadakan rencananya aja h-3 sebelum berangkat. Yang pasti kita harus ninggalin Jakarta selama 9 hari, kalau ada yang nanya.. 

"Cuti kerja gimana emang diijinin libur selama itu?

Tenang kami pekerja bebas [FREELANCER] makanya gw ngajakin mereka untuk liburan lebih lama daripada pusing ngurusin kerjaan terus, mau ajakin temen yang lain tapi pada gak dapet cuti dari kantor [inilah kenapa gw gak suka kerja di kantor]. Gw tipikal orang yang suka menikmati moment saat diperjalanan nah kalian tau kan gw ke Bali naik apa? ya.. Kereta, kalian pasti pada bertanya 

"kenapa kereta bukan pesawat? gak punya uang yah beli tiket pesawat?"

 Kalau uang punya kok bisa banget beli tiket pesawat, tapi untuk apa? kan tadi gw udah bilang gw suka menikmati moment selama di perjalanan kalau cuman di pesawat doang sih udah biasa cuman nikmatin pemandangan aja dari atas langit dan liat pulau, laut, kota, awan aja dari atas bosen sih. Sebelum keBali gw sempetin keliling dulu sehari di Jogja inilah manfaat nya naik kereta lu bisa mampir ketempat berbeda, kita habisin seharian di Jogja lalu dari situ kita naik kereta lagi dari St.Lempuyangan menuju St.BanyuwangiBaru itu udah stasiun ujung pulau Jawa nyebrang naik kapal sampai deh di pulai Bali "Such a long Trip". Perjalanan gw begitu berkesan sekali naik kereta bisa ketemu temen baru dengan tujuan yang sama setidaknya kita gak ber3 lagi liburannya. 


Kapal Fery dari Pelabuhan Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk//

Notes: Kalau kalian mau ke Bali juga ngikutin rute gw, saran aja nih klo bisa jangan sendiri setidaknya ber3 deh karena setelah keluar dari St.BanyuwangiBaru konon katanya rada rawan sih soalnya kalau malam gelap dan sedikit banget penerang jalanan jadi kalau ada yang nawarin sesuatu mending tolak aja secara halus.
Tibalah kami di Pelabuhan Gilimanuk tepat jam 00.30 WITA dan disana sangat sepi dan banyak calo bus menawarkan perjalanan menuju Denpasar dengan berbagai macam harga, daripada nego gak jelas sama calo mending langsung datengin aja ke supirnya harga beda total kalau lewat calo. Perjalanan dari Gilimanuk menuju ke Kota Denpasar sangat lah jauh kurang lebih 4 jam perjalanan tanpa macet bisa kebayangan kan gimana, ditambah jalanan yang nggk bagus banget, kiri kanan hutan tanpa lampu jalanan dan abang supirnya bawa bus sambil nyalip nyalip beuh berasa lu nonton Fast Furious 4D duduk di depan supir yang sedang bekerja *eh.. pokoknya bikin jantung pengen copot nyesel sih duduk di depan tadi sih niatnya karena pengen langsung tidur eh taunya malah melek terus. 
Singkat cerita tibalah kita di Terminal UbungDenpasar sekitar jam 05.20 Pagi hari, Ubung adalah terminal titik dimana kita akan menuju ke Denpasar 30menit perjalanan. Karena emang namanya terminal pasti selalu ada calo yang menawarkan tumpangan berupa Angkutan ke Denpasar dengan harga yang variatif oke kali ini kita gak mau ambil pusing karena udah cape juga pengen langsung ke penginapan yaudah kita terimalah tawaran para calo 😥 . 
Gerimis di Kuta Bali suasana masih jam 05.45 pagi dengan langit yang masih ungu kebiru-biruan menggambarkan suasana langit saat itu, dimana penduduk lokal pada saat itu sedang bersiap-siap untuk berkerja dan beberapa tourist yang sedang sibuk mencari penginapan sambil menggendong tas Carrier yang begitu besar "tipikel orang bule liburan". Dengan badan yang sangat lelah karena perjalanan yang sangat panjang dengan membawa tas yang lumayan berat untuk persiapan seminggu kedepan di Bali. Kami langsung menuju ke penginapan kami didaerah Patih Jelantik "NAU HERE HOSTEL" menggunakan sepedah motor yang sudah kami sewa, kebetulan gw ber3 yah jadi gak mungkin dong gw sewa motor 1 ntar disangka terong terongan Bali lagi atau rantang atau malah Burger lapis 3 haha.. Oh iya nih sedikit promo aja nih kalau kalian bingung mau nginep di mana di kuta Bali coba mampir aja ke NAU HERE HOSTEL dijamin nyaman, bersih, tenang dan ownernya bersahabat apalagi banyak promo untuk setiap tipe kamarnya, Hostel yang worth sih menurut gw cocok deh pokoknya.


Foto bareng owner NauHere saat temen gw Rido ulang tahun //

Hari pertama di bali sudah di sambut oleh hujan deras tampaknya cuacanya sedang tidak mendukung kita untuk explore bali di hari pertama 😪 terpaksa harus masuk kedalam selimut sampai hujan reda. Ternyata cuaca masih berpihak pada kami sore hari sudah cerah kembali gak mau berlama lama di penginapan langsung lah kita keliling Bali masih seputaran Kuta dan Tanah lot sih karena masih belum tau jalan hanya ngandelin gps aja 

[Oh iya anyway ini adalah pertama kalinya gw ke Bali sebenernya dulu pernah tapi jaman bocah dan itu gak masuk hitungan gw 😓 ]. 

Hal yang akan gw lakukan selama di Bali adalah explore Bali sebisa mungkin sih sampai keselukbeluknya Bali [Kalau punya banyak waktu sih ingin explore seluruh Bali] dan yang paling utama adalah wisata kuliner nya yang konon katanya banyak yang enak enak, jadi kami sore itu langsung jalan dari penginapan untuk ke Kuta Bali "gile coy udah lama banget gw gak keKuta selain cuman liat di FTV aja" dan Kuta udah ramai banget sama Tourist lokal maupun luar agak males sih... akhirnya kita cuman keliling aja cuci mata dan pindah ke Seminyak yang masih wajar ramai nya.
Seminggu di bali kita habisin ketempat tempat exist di Bali seperti Canggu [Favorit place in Bali], Uluwatu, Seminyak, Ubud, dan masih banyak lagi tempat yang gw lupa namanya dan inti perjalanan gw ke Bali juga sebenarnya mau ngunjungin salah satu temen gw yang asli Bali tapi karena bodohnya kita tidak menghubungin dia yang niatnya mau suprisin ternyata gagal dan waktu sampai di Bali ternyata dia lagi di US, rencananya mau minta tolong temen gw ini untuk guide in kita ketempat tempat yang baru di Bali yan sepi akan tourist tapi gagal "What a great Idea".

Notes: Saran aja sih nih dari gw kalau yang mau pergi ke Bali bareng temen temennya, suruh mereka untuk siapin uang cash dulu jangan nanti waktu lagi jalan jalan kemana lupa ambil uang di ATM dan akhirnya 

"Eh gw pinjem uang lu dulu dong nanti gw ganti, lupa ambil uang nih di ATM"

hal yang sering gw rasakan saat di Bali tapi gak apa apa juga sih minjemin uang ke temen tapi asal di balikin aja sih, jangan tiba tiba nanti lupa atau sok di lupa lupain haha.


Secret place in Bali //

Oh iya waktu di Bali gw sama temen gw random gitu jalan jalan naik motor ngalor ngidul ikutin plang jalanan sampai nyasar gitu saking jauhnya ditambah Hp udah lowBattery dangerous moment banget kala itu sampai akhirnya gw berada di tengah tengah ladang luas gitu dan sepi nggak ada satupun mobil atau motor yang lewat selain kita, trus gw bilang ke temen gw: 

"wah anjir nyasar dimana nih kita do? calon calon gak bisa pulang ini sih Hp pada Low semua lagi" 

"Santai to.. kalau udah nyasar gini nanggung lah kita slusurin aja dlu jalannya kalau udah jauh baru balik, penasaran banget soalnya sepi gini enak adem lagi, kaya bukan di indo aja kalau kaya gini"

"Yaudah kalaupun nyasar juga sama sama ini kan gak sendiri haha, kalaupun udah kepepet tinggal nanya penduduk sekitar toh masih bahasa indonesia juga, oke lanjut yee.."

Eh sampai di ujung jalan akhirnya cuman ada tangga menuju ke bawah yang entah itu kemana dan motor kita parkir di pinggir sama beberapa motor lain yang orangnya udah kebawah duluan kayanya, gak banyak motor yang parkir disini cuman ada beberapa ajasih, dan yang pasti penasaran di bawah tempat apa. Jalanan lumayan jauh sih kebawah gitu, gw cuman bingung naiknya gimana nih cape banget pasti gw aja yang begini ngeluh apakabar temen gw reza yang gendut batin melulu kali marah marah. Sampai akhirnya gw masuk ke dalam goa keren gitu seperti foto yang di atas gw kasih ditambah jalanannya cukup licin sih pegangan nya cuman pipa kopong, dan terjal lumayan harus berhati hati kalau kesini sih tapi worth it banget tentunya yang sampai sekarang gw gak tau nama tempatnya apa. Dan tibalah kita di atas atau di ujung jalan ada warung kelapa di goa gitu dengan spot pemandangan bagus gitu laut dan tebing tinggi, wah pokoknya pas banget sih ini untuk nungguin sunset tiba sambil minum kelapa gak banyak orang nya cuman beberapa tourist bule aja.
Sampai lah titik dimana kita bingung pulang ke penginapan dan gw yakin itu jauh banget dari sini, setelah tanya tanya sama penduduk sekitar akhirnya ketemu lah arah arahnya dan ternyata gak terlalu jauh, yang bikin kita ngerasa jauh itu karena nyasar melulu jadi jauh. Tepat jam 20.18 sampai lah kita di penginapan tercinta sambil nongkrong di Lobby Ceria [itu sebutan dari sang owner karena semenjak kita dateng selalu ketawa melulu setiap malem di lobby dan owner nya jadi gak kesepian klo shift malem haha] dan pesen makanan, yang enaknya di Nauhere hostel kalau lu laper bisa tinggal mesen atau mau masak sendiri juga bisa tarus nongkrong deh sama tourist lainnya di Lobby sambil ngobrol atau main disini siapa tau bisa dapet jodoh kan disini 😁. 
Salah satu yang gw suka tinggal di Hostel gitu gw bisa daoet banyak temen baru disini dan bisa sharing kerjaan atau sebatas ngobrol asik aja juga bisa. Di hari terakhir gw di Bali saat itu gw bingung kendaraan untuk ke Terminal Ubung karena di Bali tidak ada transportasi umum sama sekali, gojek atau grab pun baru masuk Bali dan masih sedikit banget, lalu gw cerita lah ke temen baru gw sebenernya gw cerita bukan ngebahas gw bingung nyari transportasi umum tp tiba tiba dia nanya 

"Oh iya lu balik naik apa?

nah dari situ lah gw cerita dan dia dengan santainya bersedia nganterin kami ke Terminal Ubung dengan supirnya berasa beruntung banget bisa ketemu orang baik gitu, untuk menjaga silaturahmi sampai sekarang gw tetap keep contact say hello sama mereka semua kalau suatu saat gw balik lagi ke Bali bisa ketemu sama mereka jadi setidaknya di Bali gw gak sendiri.
Hal yang paling asik menurut gw saat Backpackeran adalah lu bisa menjalin banyak relasi dengan orang orang baru di sekitar tanpa mandang status dan pekerjaan.

Yang mau nonton video gw saat di Bali monggo bisa di Play dan jangan lupa di Like dan subscribe Thank you.



Comments

Popular posts from this blog

PENGALAMAN STAY DI RED DISTRICT SINGAPUR //

Pasti pada penasaran yah sama ceritanya... ada yang udah pernah nginep di tempat pelacuran belum? kalau gw udah dong! ( bangga haha) ini bener bener tempat esek esek yah bukan hostel yang ada di Red District Singapur (Geylang sector 8), dari namanya jalannya aja udah gak enak banget kan di denger. Tapi ini pengalaman pertama gw saat traveling ke luar negeri bareng temen, dengan belum ada pengalaman sama sekali soal traveling alias modal nekat aja sih. Iya ini pengalaman gw traveling pertama kali saat kelas 3 SMA ( 2010 ), belum ada AIRBnB , AGODA , apalagi  TRAVELOKA ... dan waktu itu gw juga belum ngerti booking online cing jadi modal nekat aja langsung kesana. Sekarang sih apa apa udah gampang lah mau booking udah bisa online semua, dan banyak berbagai macam promo kan dimana mana. Jadi gak ada lagi alasan lu gak bisa jalan jalan. " tapi kan jalan jalan itu mahal, tiket pesawatnya, nginep nya, makan nya, gimana dong? " Simple sih gw jaman SMA udah bisa traveling send

PESONA KEINDAHAN PULAU BELITUNG _ HARI KE 3 //

HARI KE-3 Kami menyebutnya secret Beach Belitung // Senin, tidak banyak yang kami kunjungi di hari terakhir ini, tapi kami bisa sombong sedikit dengan bisa menikmati hari senin sambil bermain dengan alam bebas, tanpa harus terjebak di dalam ruangan kotak yang dibatasi dengan sekat. Sayangnya Uki enggak bisa menikmati hari terakhir di Belitung bersama kami, karena pagi harinya dia sudah harus pulang duluan ke Jakarta. 3 hari itu rasanya cepet banget berakhir kalau lagi liburan, berbeda kalau dikantor 1 hari aja pasti berasa lama banget, kenapa yah? ada yang tau gak kenapa? kalau ada yang tau tolong email ke gw secepatnya yah penasaran soalnya. Rasanya hari terakhir ini ingin dipuas puasin santai di Pantai sampai warna kulit berubah eksotis, padahal sebelum main ke Belitung kulit juga udah coklat eksotis sih. Mie Atep, mienya mantep wajib dicoba! // Gw enggak mau hari terakhir dihabiskan dengan santai di hotel, jadi jam 9 pagi kami langsung check out dan berlanjut ke kot

MENELUSURI RAMKHAMHAENG MUSLIM AREA THAILAND //

Memulai produktif lagi dengan mengisi Blog ini, padahal lagi lumayan banyak kerjaan juga tapi yaudahlah daripada pusing kerjaan melulu mending disisipin sambil nge-blog lagi, entah kesambet apa juga enggak tau... bawaannya ingin update cerita lagi share pengalaman ke para pembaca lainnya. Ini adalah kali ke2 saya mengunjungi Bangkok setelah yang pertama waktu awal lulus kuliah sekitar tahun 2014 lalu dan sekarang 2018, sudah sekitar 4 tahunan yah... dan Bangkok benar benar berubah banget sih dari segi tata kota, jalanan, hingga kulinernya, dan  banyak konstruksi dimana mana... mungkin juga karena Bangkok seperti Jakarta yang sedang di tahap berkembang. Kalau ngomongin tentang Bangkok yah enggak jauh jauh dari Cathuchak, Transgender, dan juga Street Food nya juara lah untuk jajanan nya disini enak enak dan murah. Tapi untuk saya pribadi mencari jajanan atau makanan halal disini lumayan susah, saya lebih memilih mencari makanan di area dekat Masjid atau mencari penjual yang