Skip to main content

HIKING TO PAPANDAYAN //

Tepat pada tanggal 20 Mei 2015, adalah kali pertama gw dalam seumur hidup bener bener mendaki gunung, setidaknya pengalaman hidup gw bertambah lah sudah pernah daki gunung meskipun baru Papandayan aja tapi gw udah bangga sama diri gw sendiri *Tsedaaphh..
Papandayan terletak di Garut yang kebetulan kampung bokap gw jadi gw kesana sekalian mampir kerumah bokap sekalian silaturahmi sama saudara disana, bukan hanya sekedar naik gunung aja renca lainnya itu mau silaturahmi juga sama mereka. Suasana rumah di perkampungan yang bikin gw kangen banget ingin kesana lagi dan lagi, jauh dari pusat kota, dan pastinya jauh dari kemacetan Jakarta.. Oh iya kelupaan ada satu hal lagi yang bikin gw kangen sama kampung halaman gw yaitu Makanannya beuh sambelnya sih yang enak banget terbukti waktu gw ajak temen temen gw ini dan mereka pada nambah haha khas banget deh pokoknya.
Sebenernya gw dulu pernah hampir naik ke Papandayan sama bokap jaman gw masih SMP kalau dulu sih nggak kaya sekarang banyak tumpangan berbayar untuk sampai ke Post pertama jadi semuannya serba gampang, dulu sih boro boro ada yang nawarin tumpangan untuk naik keatas yang naik gunung aja jarang banget jadi otomatis gw sama bokap harus jalan kaki nanjak untuk bisa sampai ke Post pertama sayang nya dulu gak ada kendaraan umum mobil bak atau kang ojek jadi kita harus jalan kaki nanjak dan itu jauh jauh jauh banget itu aja baru sampe post aja yang dimana bener bener belum sampe naik ke gunungnya kebayang gak tuh perjuangan orang jaman dulu klo mau naik gunung.
Kali ini adalah rencana kesekian gw lagi untuk ngajakin temen temen gw naik gunung karena waktu itu lagi liburan dan gak tau mau pergi kemana jadi gw ajak aja temen gw untuk naik gunung dan kebetulan kita semua masih AWAM banget dalam hal daki mendaki berhubung Papandayan adalah salah satu gunung yang gampang di daki dan nggak terlalu ekstrim jadi kita coba papandayan sekalian bermalam dirumah bokap oke semuanya pada setuju [lagi lagi ini rencana dadakan yang gw buat], apa apa serba gak punya Tenda, tas, kompor portable, dan mayoritas peralatan untuk naik gunung gak punya otomatis semuanya serba pinjem sama orang *ya gimana dong dadakan

Foto bareng keluarga dari bokap di Garut //

Mendaki gunung ternyata nggak segampang yang gw kira butuh ekstra tenaga banget untuk bisa sampai kePuncaknya *yaiyalah tanjakan semua isinya padahal papandayan gunung yang terbilang biasa aja dan cocok untuk pemula kaya gw tapi tetep aja cape banget ditambah gw jarang olahraga dan ke3 temen gw yang sering olahraga aja masih kecapean kalau daki kebayang kan tuh gimana haha, gw saranin deh kalau mau daki gunung mending disiapin dulu mental dan fisiknya sebelum ngeluh melulu kaya gw [sebenernya ngeluh hal yang paling dilarang banget kalau lagi daki gunung karena mitos nya perjalanan bisa terasa jauh banget]. Banyak hal yang gw rasain ketika mendaki gunung yang pasti lelah itu sudah pasti, excited banget ingin cepet sampai diatas, agak sedikit takut sebenernya takut akan godaan mahluk mahluk gunung tapi alhamudlillah nya sih nggk ada, kenapa gw bilang mahluk gunung karena berdasarkan pengalaman temen yang sering naik gunung mereka suka digodain dengan berbagai macam hal kaya ada pasar ditengah hutan, ada bau jamu di tengah maalam, tas nya jadi terasa berat, macem macem deh makanya kalau bisa jangan sampai deh digodain kaya gitu.
Pilihan yang tepat untuk pemula kaya kami untuk daki Mt.Papandayan karena bagi gw sudah ada wc digunung aja sudah cukup banget nggak usah bingung mau kencing atau boker dimana tinggal lari ke Wc, mau refill air minum tinggal isi di air mancurnya, kekurangan bahan makanan saat diatas jangan khawatir diatas ada warung indomie ko jadi bagi gw semuanya serba ada deh aman!!

Tempat kita berkemah semalam di Pondok Saladah //

Foto di atas adalah tempat dimana kami bisa memasang Tenda untuk istirahat dan menggelar semua perlengkapan masak untuk makan malam kami, karena berhubung kami tiba di Post pondok Saladah sore hari kami segera mengumpulkan ranting pohon untuk persiapan api unggun untuk pencahayaan sementara kami di malam hari. Mungkin gw termasuk orang yang beruntung bisa dateng ke Papandayan di hari yang sangat tepat karena penjaga post nya bilang:

"Wah untung datengnya hari ini aa'.."
"Wah emang kenapa gitu aa' kalau nggak hari ini? emang tutup kemarin?"
"Nggak aa', soalnya dari minggu lalu sampai 2 hari yang lalu pengunjungnya banyak banget aa' ada kali 1000an"
"Buset banyak banget aa' padet banget dong yah untung banget kita datengnya hari ini yah"
"Hahah iya aa' makanya tumben banget hari ini sepi"

kebayang kan tuh ramenya kaya apa, katanya di post yang gw singgahi buat berkemah aja dempet dempetan tendanya eh untungnya kali ini sepi banget bisa kehitung lah pake jari berapa yang nenda banyak space kosong malem juga enak sepi gak berisik jadi nyaman untuk tidur. Berhubung ini pertama kalinya gw naik gunung dan gw gak tau seberapa dinginnya di gunung saat malam hari dan... 6 derajat!! dingin banget nggak tau gw yang gak kuat dingin apa emang wajar sih suhu segini dingin banget dan gw nggak bisa berhenti gemeteran terus padahal udah pake 4 lapis baju plus sweater tapi dinginnya nusuk banget sih mungkin emang badan gw udah kebiasa suhu di Jakarta yang panas jadi tumbang lah sama suhu segini.
Ngedaki gunung itu gak semudah yang di bayangin banyak juga rintangan yang  pasti kita lewatin kaya simple nya banyak tanjakan, jalan berKilo kilo, banyak lika liku, dan di tambah jurang kalau nggak hati hati yah bisa bahaya, mending kalau yang belum punya pengalaman jangan coba coba deh naik gunung yang extrim mending cobain aja dulu Papandayan yang nggak kalah kerennya ko sama gunung yang lain. Semua rintangan yang sudah di lewatin bakalan kebayar sih sama pemandangan yang kita dapat selama di perjalanan pokoknya kalau sudah sekali naik gunung pasti ketagihan ingin naik lagi dan lagi nyandu banget cuman satu aja yang bikin gw lemah dingin udaranya aja sih kalau malam gak kuat [kayanya gw gak cocok tinggal diEropa].

Malam hari di Pondok Saladah //

Yang gw salut sama penduduk disini tuh daki gunung udah kaya biasa aja gitu hampir setiap hari ngedaki papandayan udah faham lah semua rintangan disini, ibaratnya nih kalau dalam game energy gw cuman 40% tapi kalau mereka udah 1500% nggak ada lelahnya ditambah jalannya pada cepet banget istirahat aja jarang, ada satu kejadian yang bikin gw heran tepat jam setengah 1 pagi ada segerombolan anak pesantren gitu isinya wanita semua baru tiba di pondok saladah dan mereka start tracking jam 22.00 malam dengan bermodalkan senter dan isinya wanita semua kebayang gak tuh beraninnya kaya apa dan kata mereka itu sudah biasa hampir setiap minggu mereka daki papandayan, salut sih buat mereka!
Udara dingin bikin gw susah tidur karena dingin banget... disaat kaya gini gw sangat kangen suhu Jakarta yang panas [namanya juga manusia yah suka plin plan dalam pilihan hidup]. Berhubung api belum padam gw manfaatin untuk hangatin badan dengan bikin kopi di depan api unggun yang masih bertahan dari sore [perjuangan dan usaha 2 jam yang kami kerahkan untuk nyalain api doang.. totalitas]. Gw baru bisa mulai tidur tepat jam 3 pagi setalah perjuangan nahan dinginnya udara pagi hari akhirnya baru bisa tidur karena rencana pagi mau jalan lagi ke Edlewise lihat sunrise jadi harus bisa tidur biar ada tenaga untuk naik lagi. Ternyata semua rencana untuk melihat sunrise gagal total karena kita baru bangun jam setengah 6 pagi dan mager banget untuk jalan lagi ke atas, masih ngantuk banget males untuk keluar dari tenda tapi gw butuh hangatnya matahari di pagi hari yaudah gw paksa untuk keluar dari tenda... dan ternyata udaranya tetep masih dingin.. suhu mataharinya masih kalah sama dinginnya udara dipagi hari.
Berhubung kita semua gagal untuk melihat sunrise dari taman Edlewise dan juga kita belum memiliki waktu tidur yang cukup jadi kita mengurungkan niat untuk naik lagi ke taman Edlewise, sebenernya cukup disayangkan sih nggak sempet kesana tapi semoga aja masih ada waktu lagi ngunjungin Papandayan dengan kesiapan yang lebih matang. Kami memutuskan untuk merapihkan semua perlengkapan kemah kami, memasukan semua sampah kedalam trashbag yang sudah kami bawa, sebisa mungkin semua kembali seperti semula bersih [Ingat kemanapun kalian pergi jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat kalian singgah]. Tentunya perjalanan pulang akan jauh lebih cepat daripada saat berangkat, cuman harus tetap berhati hati sih karena perjalanan lumayan terjal dan licin. Oh iya di tengah perjalanan kami melewati sungai jernih dan gw pikir kapan lagi kan nyebur di sungai siang siang lumayan sih airnya dingin tapi bikin badan seger banget jadi semangat untuk lanjut jalan lagi.
Tepat jam 13.25 sampai lah kita dirumah dan tiba tiba sudah disuguhi makan siang, sebenernya nggak sopan sih baru dateng tapi langsung makan yah tapi gimana dong di tawarin masa ditolak kan malah gak sopan hehe ditambah juga kita sudah laper banget belum makan siang pas lah timing nya. Alhamdulillahnya sih kita turun dari gunung dengan aman tanpa kekurangan atau ketinggalan apapun dan yang pentingnya lagi tanpa ada godaan apapun.
Mungkin ini adalah saran yang biasa orang bilang sebelum kita naik gunung, diusahakan dibersihkan dulu pikirannya dari hal hal kotor karena gunung adalah tempat yang sakral banyak penghuni juga yang tinggal disana selain kita jadi tolong omongan dijaga kalau jalan ke gunung, dan juga tolong di jaga alamnya jangan sembarangan buang sampah seenak jidat jangan dijadiin alesan buang sampah sembarangan karena nggak ada tong sampah disana kan bisa bawa Trashbag sendiri dari rumah. Udah sih segitu aja cerita pengalaman pertama gw ngedaki gunung bersama ke3 temen gw yang juga awam dalam hal mendaki gunung.

Yuk kalau mau ngadain trip bareng bisa kita atur sama sama kapan dan kemananya sekalian bisa nambah temen baru kan tuh... yang pasti bakalan seru banget sih, bisa share pengalaman masing masing juga kan...

Popular posts from this blog

PENGALAMAN STAY DI RED DISTRICT SINGAPUR //

Pasti pada penasaran yah sama ceritanya... ada yang udah pernah nginep di tempat pelacuran belum? kalau gw udah dong! ( bangga haha) ini bener bener tempat esek esek yah bukan hostel yang ada di Red District Singapur (Geylang sector 8), dari namanya jalannya aja udah gak enak banget kan di denger. Tapi ini pengalaman pertama gw saat traveling ke luar negeri bareng temen, dengan belum ada pengalaman sama sekali soal traveling alias modal nekat aja sih. Iya ini pengalaman gw traveling pertama kali saat kelas 3 SMA ( 2010 ), belum ada AIRBnB , AGODA , apalagi  TRAVELOKA ... dan waktu itu gw juga belum ngerti booking online cing jadi modal nekat aja langsung kesana. Sekarang sih apa apa udah gampang lah mau booking udah bisa online semua, dan banyak berbagai macam promo kan dimana mana. Jadi gak ada lagi alasan lu gak bisa jalan jalan. " tapi kan jalan jalan itu mahal, tiket pesawatnya, nginep nya, makan nya, gimana dong? " Simple sih gw jaman SMA udah bisa traveling send

PESONA KEINDAHAN PULAU BELITUNG _ HARI KE 3 //

HARI KE-3 Kami menyebutnya secret Beach Belitung // Senin, tidak banyak yang kami kunjungi di hari terakhir ini, tapi kami bisa sombong sedikit dengan bisa menikmati hari senin sambil bermain dengan alam bebas, tanpa harus terjebak di dalam ruangan kotak yang dibatasi dengan sekat. Sayangnya Uki enggak bisa menikmati hari terakhir di Belitung bersama kami, karena pagi harinya dia sudah harus pulang duluan ke Jakarta. 3 hari itu rasanya cepet banget berakhir kalau lagi liburan, berbeda kalau dikantor 1 hari aja pasti berasa lama banget, kenapa yah? ada yang tau gak kenapa? kalau ada yang tau tolong email ke gw secepatnya yah penasaran soalnya. Rasanya hari terakhir ini ingin dipuas puasin santai di Pantai sampai warna kulit berubah eksotis, padahal sebelum main ke Belitung kulit juga udah coklat eksotis sih. Mie Atep, mienya mantep wajib dicoba! // Gw enggak mau hari terakhir dihabiskan dengan santai di hotel, jadi jam 9 pagi kami langsung check out dan berlanjut ke kot

MENELUSURI RAMKHAMHAENG MUSLIM AREA THAILAND //

Memulai produktif lagi dengan mengisi Blog ini, padahal lagi lumayan banyak kerjaan juga tapi yaudahlah daripada pusing kerjaan melulu mending disisipin sambil nge-blog lagi, entah kesambet apa juga enggak tau... bawaannya ingin update cerita lagi share pengalaman ke para pembaca lainnya. Ini adalah kali ke2 saya mengunjungi Bangkok setelah yang pertama waktu awal lulus kuliah sekitar tahun 2014 lalu dan sekarang 2018, sudah sekitar 4 tahunan yah... dan Bangkok benar benar berubah banget sih dari segi tata kota, jalanan, hingga kulinernya, dan  banyak konstruksi dimana mana... mungkin juga karena Bangkok seperti Jakarta yang sedang di tahap berkembang. Kalau ngomongin tentang Bangkok yah enggak jauh jauh dari Cathuchak, Transgender, dan juga Street Food nya juara lah untuk jajanan nya disini enak enak dan murah. Tapi untuk saya pribadi mencari jajanan atau makanan halal disini lumayan susah, saya lebih memilih mencari makanan di area dekat Masjid atau mencari penjual yang